Senin, 17 Mei 2010

Kehebatan Zafira

salin tempel dari milis zafira

Dear friends:

Pada dasarnya, seperti sudah kita pahami bersama, setiap mobil pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitu pula dengan Zafira. Pemilihan mobil yang tepat, terletak pada kesesuaian kebutuhan dengan kelebihannya dan batas toleransi kita terhadap kekurangannya. Di samping itu, tentu saja budget jadi salah satu constraint. Kelebihan fitur suatu kendaraan yang tidak kita butuhkan hanya merupakan pemborosan saja, karena semua itu akan menambah harga mobil. Untuk itu, sebelum menentukan mobil apa yang akan dibeli, kita perlu menentukan rentang anggarannya dulu, let say 70-100jt atau 150-200jt dan (jangan lupa) anggaran untuk perawatan dan operasional, let say 1-2jt atau 3-6jt per bulan. Anda yang tidak memiliki masalah dengan budget tentu akan sangat beruntung. Pasti akan banyak pilihan yang tersedia.

Setelah itu, coba uraikan hal2 pokok yg kita butuhkan dari mobil impian kita, misalnya:

- daya angkut penumpang (7 seat, 5 seat atau 2 seat?),
- daya angkut barang (1-2 koli, 3-5 koli, atau >5 koli?),
- fitur keamanan dan keselamatan (struktur body, airbag, abs, traction control, etc)
- fitur kenyamanan (powersteering, transmisi at/mt, ac, luas kabin, jok, audio, power window, etc)
- bahan bakar (jenis dan konsumsi: pertamax/premium/solar dan tingkat konsumsi)
- perawatan (mudah, murah, berlimpah?)
- image dan penampilan (ekslusif atau banyak teman?, eropa/amerika atau jepang/korea?)
- you name it

Kalo sudah tahu apa yang kita butuhkan, maka tinggal lakukan proses matching saja. Jika budget kita sesuai dengan mobil baru, beli yang baru saja! Enggak usah hemat-hemat deh, mobil baru seharusnya memberikan yg terbaik buat Anda. Lain halnya kalo Anda seorang kolektor atau hobbiest. Masalahnya, biasanya budget kita tidak cocok dengan harga mobil baru. Di sinilah letak tantangannya. Proses hunting menjadi sebuah petualangan yang seru.

Pengalaman saya mendapatkan Zafira tidak erlalu menarik, karena saya mendapatkannya dari teman/tetangga. Mobil ini jarang sekali dipake karena bukan merupakan mobil pertama. Hanya dipake selama weekend saja. Saya merasa sangat beruntung mendapatkannya. Tapi nampaknya saya tidak sendiri, rekan2 ZIC juga banyak yg mendapatkan Zafira 2nd dalam kondisi yg sama. Kemungkinan orang yg memiliki Zafira (tangan pertama) sebagian besar menggunakannya sebagai kendaraan kedua-ketiga, karena image-nya sebagai kendaraan keluarga. Makanya cukup banyak Zafira lawas yg masih low milage.

Kelebihan Zafira yang saya suka:

1. Daya angkut banyak (bisa 7 seat dan dirancang untuk bawa roofbox, makanya sejak lahir sudak pake roof-rail). Untuk keluarga dengan 5 anak, yang terbiasa bepergian layaknya seperti pindah rumah, mobil ini cukup ideal.

2. Fitur keamanan dan keselamatan sangat memadai utk saya. Struktur body cukup kekar dan kuat, dilengkapi airbag, abs dan traction control.

3. Cukup nyaman: powersteering semi elektrik, transmisi at, ac dual - depan belakang, kabin cukup luas, jok nyaman dan tidak melelahkan, audio bawaan cukup baik, central lock, power window cukup cerdik.

4. Bahan bakar lumayan irit, 1:8-9 utk dalam kota dan 1:10-12 utk luar kota (tergantung perilaku kaki sih). Dahulu saya selalu pake pertamax(plus) sesuai anjuran pabrik. Tapi setelah pulang ikut Bali Rally, lebih sering pake premium plus additif nanotech utk fuel. Walaupun tidak segalak pertamax plus, campuran ini lumayan bikin kaki lebih jinak tapi juga tidak terlalu lebay.

5. Perawatan lumayan berat awalnya, apalagi saya termasuk yg fanatik Bengkel Resmi. Sampai kemudian saya diperkenalkan oleh teman2 di milis dengan bengkel2 alternatif, rasanya sih biaya perawatan menjadi lebih reasonable dan menjadi terasa sangat murah (karena pernah mengalami yg mahal, hehe...).

6. Zafira juga punya image dan penampilan yang baik, awet muda. Dari tahun 2000 sd 2005 sama aja tampilannya, beda2 dikit di mika belakang deh. Selain itu, mobil ini enak dibawa kencang. Banyak sih mobil yg bisa dibawa kencang, tapi yg enak ya jarang. Coba aja....

7. Ada ZIC, dan saya merasa sangat beruntung menjadi bagian dari keluarga "kecil" ini.

Namun demikian, Zafira juga punya beberapa kekurangan. Untungnya saya tidak terlalu menganggap kekurangan ini terlalu penting.

1. Blank spot di pilar A dan samping kanan (spion) kadang menuntut kita agar lebih berhati2 kalo berada dipesimpangan yg sibuk dengan kendaraan roda dua atau mau pindah jalur. Motor itu bisa "hilang" ditelan pilar A. Waspadalah!

2. Jok tengah yang hanya punya satu posisi bersandar (posisi tekukan lainnya bukan untuk diduduki) walaupun cukup nyaman, kadang bikin anak2 cemberut juga saat mereka mau rebahan. Lagi mau coba2 bikin gear tambahan supaya bisa tambah rebah lagi.

3. Dek untuk kaki di jok belakang kurang rendah, jadi tidak terlalu nyaman untuk orang dewasa dan perjalanan jauh. Tapi, kondisi seperti ini selalu ditemui di mobil dengan sistem jok lipat rata dek.

Mungkin itu aja dulu sharingnya. Mungkin teman2 lain mau nambahin....

Yusman Z4

konsultasi gratis :


0816 189 9445




YM :


Facebook :



Lokasi :

Jl. Raya Bekasi km. 23,5 Cakung Jakarta


kontak kami via e-mail

Nama Anda

e-mail Anda

no. hp
alamat
judul pesan

isi pesan
lampiran

Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Tidak ada komentar: